BAYI ASI KURUS, SUSU FORMULA SAJA?

July 23rd, 2013 Posted in ibu menyusui

Selama ini banyak yang beranggapan bayi kurus berarti kekurangan ASI atau mengidap penyakit tertentu. Hal ini tidak selamanya demikian, banyak faktor yang menyebabkan bayi kurus.
“Ini ASInya kurang, harus ditambah dengan susu formula agar bisa gemuk”. Biasanya karena nasehat seperti ini seorang ibu akan panik dan langsung mengambil jalan pintas dengan memberikan susu formula pada bayi. Jangan beralih dari ASI dulu, banyak faktor yang bisa mengakibatkan bayi menjadi kurus. Salah satunya adalah karena lidah terikat (Ankyloglossia atau Tongued Tie).

LIdah TerikatLidah Terikat (Ankyloglossia atau Tongued Tie) adalah kelainan mulut yg didapat pada saat lahir yang mempengaruhi gerakan ujung lidah disebabkan oleh frenulum (tali yg menghubungkan lidah ke dasar mulut) yg pendek dan tebal¬† dengan prosentase kejadian 3-10% dari jumlah kelahiran di Indonesia. Tingkat keparahan bervariasi, mulai dari yg ringan hingga berat. Tongued Tie dapat mempengaruhi makan, bicara‚Äďartikulasi, dimana orang dengan TT akan sulit mengucapkan huruf yg memerlukan pertemuan ujung lidah dengan gigi atau langit-langit mulut, higienitas oral dan efek sosial pada anak juga mempengaruhi proses menelan dan mengunyah makanan.

Lidah terikat juga bisa mengganggu proses menyusui, sehingga bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup, akibatnya bayi menjadi rewel karena kurang kenyang. Selain itu, bayi yang menyusui dengan lidah terikat bisa melukai payudara Ibu. Bila masalah tidak segera ditangani sampai anak agak besar, anak bisa mengalami kesulitan melafalkan beberapa konsonan yang akhirnya mengganggu proses bicaranya.

Adapun tanda-tanda bayi memiliki Lidah Terikat adalah sebagai berikut:
a. Bagian ujung lidah tidak dapat dijulurkan melalui gusi bagian bawah
b. Pengisapan saat menyusui sangat menyakitkan Ibu. Puting susu sangat terluka, retak, atau bahkan berdarah
c. Bayi perlu menyusui dengan waktu yang lebih lama dan lebih sering, mudah lelah, dan suka mengigit puting susu Ibu.

Penanganan lidah pendek:
1. Jika Ibu curiga bayi mengalami masalah dengan tali lidahnya periksakan ke dokter untuk dipastikan apakah kelainan lidah ini akan menimbulkan masalah atau tidak. Pada sebagian besar bayi, kelainan itu akan hilang dengan sendirinya seiring pertumbuhan bayi dan perkembangan kemampuannya untuk menjulurkan lidah. Namun untuk sementara, agar proses menyusui dapat tetap berjalan lancar, Anda bisa memperbaiki posisi menyusui Anda, agar bayi bisa tetap menyusu. Jika perlu, berkonsultasilah dengan konsultan laktasi.

2. Operasi fretonomy. Jika kelainan itu menyebabkan masalah, misalnya bayi amat sulit menyusu, maka mungkin diperlukan tindakan operasi kecil. Operasi ini disebut fretonomy, yaitu pemotongan/pengirisan frenulum. Pada operasi ini bayi hanya perlu dibius lokal dan tidak dibutuhkan jahitan. Luka dan perdarahan yang ditimbulkan pun tidak besar dan bisa cepat sembuh.

Setelah operasi, bayi bisa langsung disusui. Namun jika Ibu khawatir, Ibu bisa memberikan bayi ASI dengan menggunakan sendok selama dua hari. Bekas luka akan hilang kurang lebih satu minggu, dan bayi pun bisa kembali menyusu dengan normal.

Sumber:

1. http://www.bayimilna.com/tips/tips-ma%27em/langkah-mudah-meningkatkan-berat-badan-si-kecil.aspx
2. http://www.lactamilmama.com/2011/12/lidah-terikat-tongue-tie-pada-bayi/
3. http://menyusui.info/menyusui/tips/98-kondisi-menyusui-tongue-tied-tali-lidah-pendek/
4. http://health.detik.com/read/2010/07/05/140517/1393135/764/pemotongan-tali-lidah-memudahkan-bayi-menyusu
5. http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Terbaru/Terbaru/lidah.bayi.pendek/001/001/611/3

 

Artikel Terkait:

Mengatasi Baby Blues

Cegukan, Berbahayakah?

Menyusui Bayi Baru

ASI Perah Tahan Berapa Lama?

UHT vs Susu Formula

 

20,733 total views, 138 views today

MASALAH MENYUSUI DAN SOLUSINYA (2)
BAGAIMANA IBU DAN SI KECIL BISA MEMBANTU MELESTARIKAN LINGKUNGAN?

One Response to “BAYI ASI KURUS, SUSU FORMULA SAJA?”

  1. Susu Formula Says:

    Asi adalah susu formula yang terbaik, tetapi di saat orang tuanya sedang bekerja maka susu formula merupakan alaternatif untuk mencukupi gizi si anak.



Leave a Reply