BERBAHAYAKAH KERINGAT PADA BAYI?

March 15th, 2009 Posted in bayi, kebersihan

Mengapa bayi banyak berkeringat? Dr. Debby Latuperissa, SpA., dari RS Fatmawati, Jakarta menjelaskan seluk-beluk penyebabnya berikut ini.

BAGIAN DARI METABOLISME TUBUH
Banyak orangtua mencemaskan bayinya yang mengeluarkan keringat begitu banyak, terutama di saat tidur. Ya, memang begitulah yang terjadi pada bayi. Terlebih di kepala, tangan, dan kakinya. Penyebabnya tak lain karena di daerah-daerah tersebut memang terdapat banyak kelenjar keringat.
Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh. Selain itu, keringat juga berfungsi menurunkan panas di dalam tubuh sehingga suhu di permukaan kulit dapat senantiasa terjaga pada tingkatan normal.
Cuaca panas di negara tropis seperti Indonesia memang membuat anak mudah berkeringat. Meski bayi lebih banyak berada dalam rumah, kelembaban udara yang cukup tinggi dan udara yang panas tetap membuatnya berkeringat. Mekanismenya, tubuh yang menyimpan panas membutuhkan penguapan yang berujung pada keluarnya keringat tadi.
Yang belum banyak diketahui awam, keringat juga keluar ketika tubuh bayi memproses susu yang dikonsumsinya menjadi protein yang akan digunakan sebagai pasokan energi untuk tubuhnya. Nah, karena proses mengubah makanan menjadi protein membutuhkan kalori, maka terjadi peningkatan panas dalam tubuh yang kemudian akan dibuang dalam bentuk keringat.
Adanya proses metabolisme ini membuat bayi yang sedang diam atau tidur pun tetap saja berkeringat. Sekali lagi, keringat banyak adalah pertanda baik. Kecuali bila suhu udara sangat dingin, tubuh bayi akan menahan pengeluaran sebagian keringat untuk menjaga agar suhu badannya tetap hangat. Sisa-sisa metabolisme (sekresi) akan dikeluarkan lewat air seni. Tak heran kalau di tempat yang berudara dingin, si kecil lebih sering pipis.

AKIBAT DEMAM TINGGI
Demam yang tinggi karena adanya proses infeksi juga akan menyebabkan bayi berkeringat lebih banyak. Logikanya, saat demam terjadi peningkatan suhu tubuh yang berujung pada keluarnya peluh yang bercucuran. Obat pereda demam yang diberikan umumnya memainkan fungsi sebagai pencegah pengeluaran panas yang berlebihan dari dalam tubuh. Makanya, begitu si kecil demam, anjuran yang paling tepat adalah banyak beristirahat dengan tetap mengupayakan pemberian banyak cairan guna mencegah dehidrasi akibat penguapan yang berlebihan dari dalam akibat suhu tubuh yang tinggi.

PENYAKIT-PENYAKIT YANG MEMICU KERINGAT
Yang sering menjadi pertanyaan, seberapa banyak sih keringat bayi yang bisa ditoleransi? Maklum, membanjirnya keringat sering dikait-kaitkan dengan adanya penyakit tertentu, seperti penyakit jantung. Padahal anggapan ini tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Jadi jangan khawatir.
Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Masih dikatakan wajar bila bayi tidak rewel, selera makannya tetap oke, porsi tidurnya cukup, dan pertumbuhannya tidak terganggu. Kalau baju si kecil sampai “basah kuyup” oleh keringat dan harus diganti berkali-kali juga tidak mengapa. Kurangi lapisan bajunya. Pilih bahan yang menyerap keringat.

Keringat perlu diwaspadai sebagai pertanda gangguan kesehatan jika dibarengi dengan keluhan lain semisal mendadak rewel, tak mau makan/minum/menyusu, susah tidur, lemah, dan sebagainya.

Barangkali, bayi menderita gangguan berikut:
· Alergi
Bayi dengan riwayat alergi umumnya berkeringat lebih banyak karena mereka juga hipersensitif terhadap cuaca panas. Cuaca panas akan memacu kelenjar keringatnya bekerja lebih aktif dan mengeluarkan keringat lebih banyak. Kulitnya pun akan mudah bereaksi yang akhirnya berkembang menjadi biang keringat. Pencegahannya tentu saja dengan menghindari pencetusnya, yaitu cuaca panas di luar rumah. Pakaian yang sesuai baginya terbuat dari bahan-bahan yang mudah menyerap keringat.
· Kistik Fibrosis
Sering juga disebut fibrosis sistik yang merupakan kelainan gen yang dapat menimbulkan infeksi paru-paru berulang dan progresif. Kelainan yang antara lain ditandai dengan keringat berlebih ini sering dikait-kaitkan dengan adanya metabolisme yang terhambat. Berita baiknya, penyakit ini jarang diderita orang-orang Asia, termasuk bayi-bayi di Indonesia.
· Gizi kurang
Anak-anak dengan gizi kurang umumnya juga mengeluarkan keringat secara berlebihan. Mengapa? Tak lain karena asupan makanan yang kurang membuat proses metabolisme dalam tubuhnya berlangsung secara ekstrakeras. Energi yang seharusnya tercukupi dari asupan lemak, kini harus menguras energi yang tersimpan dalam otot. Ibarat mesin, guna memenuhi kecukupan gizi yang dibutuhkan tubuh, mesin terpaksa terus dipacu membakar energi. Akibatnya, panas tubuh meningkat dan muncullah banyak keringat sebagai konsekuensinya.
· Hiperhidrosis
Hiperhidrosis menunjukkan adanya satu bagian tubuh yang terus mengeluarkan keringat dalam keadaan apa pun. Contohnya, telapak tangan yang selalu basah oleh keringat. Hiperhidrosis antara lain disebabkan oleh penyakit-penyakit pada sistem endokrin seperti gondok, diabetes melitus, keganasan pada kelenjar getah bening, kanker pada berbagai organ tubuh, keracunan alkohol, ataupun kelainan-kelainan pada sistem saraf yang menyebabkan saraf simpatik terganggu. Bisa juga karena adanya peningkatan suhu tubuh akibat demam, ketakutan maupun kegelisahan. Namun, hiperhidrosis ini umumnya belum muncul mengingat mengucurnya keringat pada bayi lebih disebabkan oleh cuaca dan proses metabolisme.

KERINGAT BAYI BELUM BERBAU
Keringat bayi umumnya belum berbau mengingat asupan makanannya belumlah selengkap orang dewasa. Begitu juga penggunaan bumbu-bumbu beraroma tajam yang turut membentuk sekresi yang berbau. Akan tetapi jika bayi jarang dimandikan, mungkin saja keringatnya bau. Terutama keringat di daerah-daerah lipatan tubuh yang jarang tersentuh. Gesekan-gesekan pada daerah lipatan yang dipenuhi kotoran dan keringat akhirnya memperbesar terjadinya infeksi pada kulit.
Oleh sebab itu amat disarankan untuk rajin memandikan bayi. Setidaknya 2x sehari atau 3x sehari di saat cuaca sangat panas. Jangan lupa bersihkan daerah-daerah lipatan kulit, yaitu leher, ketiak, belakang lutut, dan selangkangan.

BISA TIMBUL KERINGAT BUNTET
Kulit bayi yang semestinya halus, lembut dan segar dapat terganggu oleh munculnya bintil-bintil kecil berwarna kemerahan disertai rasa gatal yang menyengat kulit. Tak heran, bayi yang mengalaminya akan rewel dan terganggu tidurnya.
Bintil kemerahan ini disebut keringat buntet atau biang keringat (miliaria). Keringat buntet merupakan gangguan pada kulit bayi yang diakibatkan adanya produksi keringat yang berlebihan namun terjadi retensi kelenjar keringat yang keluar. Kelainan ini biasanya terjadi pada daerah kulit yang banyak berkeringat, misalnya dahi, leher, punggung, dan dada.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan keringat keluar berlebihan dan terjadi retensi atau tersumbatnya saluran keringat. Antara lain udara panas dan lembap disertai ventilasi ruangan yang kurang baik, pakaian yang dikenakan terlalu tebal dan ketat, aktivitas yang berlebihan, atau bayi jarang dibersihkan atau dimandikan.
Tersumbatnya saluran keringat juga bisa terjadi pada bayi baru lahir karena pergantian sel-sel kulitnya masih lambat sehingga memungkinkan terjadinya penumpukan sel-sel kulit. Pada akhirnya ini akan mengakibatkan sumbatan pada saluran kelenjar keringat. Meski bukan gangguan yang berbahaya, biang keringat harus cepat ditangani mengingat kondisi ini biasanya akan membuat bayi tidak nyaman dan rewel. Mau tidak mau orangtua harus membawanya berobat guna menghilangkan penyebabnya.

Untungnya, sebagian besar biang keringat tidak memerlukan pengobatan. Hanya butuh ketelatenan untuk memandikan bayi dua kali sehari dan sering-sering membasuh keringatnya.
Atur ventilasi di kamar tidur bayi agar suhunya tidak terlalu panas/pengap atau sebaliknya kelewat lembap. Jika memungkinkan, pasang kipas angin atau pengatur suhu udara (AC). Hindari baju dan selimut yang tebal dan terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat seperti nilon atau wol. Bila tak ada AC atau kipas angin, kenakan saja kaus singlet dan popok agar penguapan panas tubuh lewat keringat dapat berlangsung dengan baik.

Sumber: nakita

Artikel Terkait:

Daftar Perlengkapan Mandi Bayi

Keamanan di Kamar Mandi

Awas! Bedak dan Minyak Telon

Mendandani Bayi

Menyiapkan Kamar Bayi

6,206 total views, 12 views today

SEPATU UNTUK ANAK
BISKUIT BAYI

78 Responses to “BERBAHAYAKAH KERINGAT PADA BAYI?”

  1. Mbuu Hado Says:

    Terima kasih ya…artikelnya sangat membantu dan informatif..;)



  2. detti Says:

    Terimakasih. Situs urutan atas yang direkomendasikan Mbak Google. Saya kopas yaa..



  3. farida Says:

    sama2 :)
    silakan dicopas :)



  4. party Says:

    terimasih atas infonya
    sekarang saya tidak kawatir terhadap anak saya yang sering keringatan waktu tidur.
    thanks ya



  5. Boyan Says:

    Anak saya kalo tidur keluar keringat banyak setelah diperiksakan ke dokter katanya terkena gejala bronchitis. Saat dibawa ke dokter ia tengah terserang batuk produktif serta nafasnya terkesan sesak karena dahak. Apa ada hubungannya kondisi diatas dgn hasil diagnosis dokter yg memeriksanya. Thanks.



  6. farida Says:

    setau saya anak berkeringat saat tidur itu biasa.
    krn saat tidur, metabolisme tubuh anak sangat tinggi utk membangun prtumbuhan dan perkembangannya.
    wajar saja jika keringat sbg hasil sisa proses ini pun bnyk.
    mungkin sang anak memang batuk. reaksi alami tubuh utk mengeluarkan benda asing seperti dahak. jika dahak blm keluar, kadang memang membuat nafas sesak kan?
    namun utk mendiagnosis bronchitis sepertinya tidak sesederhana itu.
    ada baiknya mencari opini kedua, ketiga dst dr dokter lain utk mendptkan penanganan yg tepat bagi anak.
    semoga membantu :)



  7. Kasimun Says:

    saya mautanya anak saya umur 5 bulan tapi kalau malam kadang keluar kringat yang baunya tidak enak apa keringat itu barbahanya atau tidak .. mohon untuk dikasih penjelasanya ….
    terimakasih



  8. farida Says:

    sebenarnya wajar saja bayi berkeringat, bahkan di saat malam hari dan dingin. karena metabolisme bayi sangat tinggi. lebih tinggi dr org dewasa mengingat bayi memang sedang aktif dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.
    dilihat kondisi bayi secara umum saja. jika tumbuh kembangnya normal, maka tidak ada yg perlu dikawatirkan :)



  9. NANING Says:

    anak saya berusia 3 bulan dan banyak mengeluarkan keringat,hampir setiap saat berkeringat bahkan setelah dimandikanpun berkeringat,dan itu trjadi tidak saat malam saja,apa itu sutu gejala yang wajar….



  10. farida Says:

    @naning: jika kasus ini terjd pada bayi, maka masih wajar kok bu. krn bayi memang metabolismenya lbh tinggi drpd manusia dewasa :)



  11. bunda rifka Says:

    wah,,thanks y informasinya sangat membantu
    di tnggu artikel2 selanjutnya :)



  12. Desy Says:

    Anak saya umurnya 3 bulan tangannya suka basah (lembab terus) dan kakinya suka dingin, itu berbahaya atau tidak
    Terima kasih



  13. farida Says:

    @desy: kemungkinan besar tidak berbahaya bu. karena itu bagian dr metabolisme tubuh bayi yg sangat tinggi.
    utk kaki yg dingin dpt diberi kaos kaki dan segera dilepas jika kaki sdh hangat.
    semoga membantu :)



  14. Mrs. Nuki Says:

    wah, makasih banyak infonya ya MG, aku link ya:-)



  15. farida Says:

    silakan mrs. nuki :)



  16. Deo mom Says:

    Thx for info, saya gk kwatir lg jika deo keringt saat tdr..



  17. Dwi Says:

    Anak saya umur 5 bulan,knapa sering berkeringat di kepala?



  18. farida Says:

    @dwi: memang normalnya begitu mom. itu berarti bayi anda sedang aktif melangsungkan metabolisme tubuh utk tumbuh-kembangnya. sehat kok.
    sun sayang utk babynya :)



  19. Kasna wati Says:

    skrg bayi saya umurnya 4 bln, kakinya sering skali berkeringat.
    Apa itu masih aman ??



  20. farida Says:

    @mom kasna wati: selama tidak ada keluhan lain seperti demam dll, maka berkeringat banyak sangat wajar bagi bayi krn metabolisme tubuhnya yg sangat tinggi. rajin2 dilap aja ya mom agar tetap nyaman :)



  21. Faridah Says:

    Anakku sering berkeringat banyak di dahinya.lalu bantalnya slalu basah bila sehabis bangun tidur.meneteknya pun kdng sebentar lepas.sbentar lepas.gejala apa ya bu? Thank’s before..



  22. farida Says:

    bu faridah: insya Allah jawabannya sama dgn sebelumnya ya :)
    sun sayang untuk baby-nya



  23. Diabetes Melitus Anak Says:

    situsnya bagus nih…… sering2 update yah jadi biar tambah bermanfaat

    salam dari kami



  24. Kuat subima bekel Says:

    Alhamdulillah lega terasa hati



  25. evi liyantini Says:

    thanks ya artikelx,sungguh2 membantu dn sangat edukatif skali. Dtunggu artikel2 brikutxx ya,,biar bunda2 d indonesia makin pintar mrawat bayix dn jg guna membentuk generasi baru yg sehat dn pintar. Bunda pintar generasi yg cerdas tdk susah d gapai.



  26. devi Says:

    anak saya saat ini suhu badannya sangat dingin..
    kira kira karena faktor apa ya???



  27. farida Says:

    @mom devi: bisa banyak hal mom. mungkin karena cuaca, atau terlambat makan? atau ada bagian tubuhnya yg sakit sehingga dia manahan hingga kedinginan? coba perhatikan apakah ada gejala lain. moga bukan sesuatu yg serius ya…



  28. epi Says:

    anak saya usiai hampir 3 bulan. selama ini mudah berkeringat seperti padal keadaan2 yang telah dijelaskan sebelumnya. tapi keringat anak saya dingin padahal cuaca sedang panas, terkadang yang berkeringat hanya sebagian tubuhnya saja. misal jika sedang netek pada payudara kanan maka yang akan berkeringat adalah kening, tangan dan kaki kanan. pun sama sebaliknya, jika sedang netek di payudara kiri maka tubuhynya bag.kiri yang akan berkeringat. apa ini masih normal?terima aksih atas jawabannya



  29. farida Says:

    @mom epi: selama tidak ada gejala lain, seperti tidak perlu kawatir bu. semoga bayinya sehat selalu :)



  30. elsa Says:

    wah enak ada situs ini yahh…
    saya mau tanya Bayi saya itu dari umur 1,5 minggu sudah banyak keringatnya sampe sekarang sudah 1 bulan 1 minggu, sampai mempengaruhi bau badannya, apakah normal?



  31. ratih rani Says:

    adik saya umur 3 bulan hari ini. dia sering berkeringat siang dan malam. padahal cuaca juga tidak panas, walaupun sudah dikipas masih juga berkeringat dan sering menangis.
    sebelumnya sudah diperiksakan ke dokter dan dokter bilang alergi.
    adik saya tidak mengkonsumsi ASI. susu yang sekrang dia konsumsi pernah diganti tapi malah lemas, jadi tetap konsumsi susu yang sejak awal diminum.
    apa ada hubungan alergi dengan keringatnya atau dengan susu yang dikonsumsi?



  32. farida Says:

    @mom elsa: selama tidak ada gejala lain, seperti tidak perlu kawatir

    @ratih: menurut dokter alergi apa? alergi susu?
    gejala alergi ber-macam2, pencetusnya pun macam2.
    sebenarnya tidak mudah utk memutuskan bayi memiliki alergi terhadap sesuatu.
    keringat tidak se-mata2 krn suhu/cuaca.
    keringat pd bayi lbh disebabkan oleh metabolisme tinggi dlm tubuhnya.
    krn bayi kan memang sangat aktif proses tumbuh-kembangnya, jd di udara dingin sangat wajar jika bayi berkeringat :)



  33. asmani Says:

    terima kasih ..atas infonya..usia anak sya tgl 5 bulan depan.4 bulan..selalu penuh dengan keringat terutama sekitar dahi..tapi setelah membaca artikel diatas sya tidak merasa khawatir lagi…



  34. Michael koroh Says:

    Trimaksasih akirnya sy bisa tenang dgn telah membaca ini…..



  35. mama nada.. Says:

    Anak saya umur 5bln.. Keringatnya berlebihan dibagian kepala sekalipun dlm ruang ber AC, suhu 25`c jg berkeringat berlebih.. Padahal badannya dingin Apakah normal bu?
    Anak saya mnum sufor, dan sngat ssh skali u/ nyusu.. Brat bdn jd trun, saya khawatir akan perkembangan ny, apakah tidak cocok dgn sufor yg dpakai saat ini..
    Terimakasiih



  36. farida Says:

    @mama nada: selama tidak ada gejala lain, sepertinya tidak ada yg perlu dikawatirkan.
    semoga si kecil selalu sehat ya :)



  37. andriani Says:

    saya mau tanya, bu ! bayi saya umur jalan 4 bulan, tapi sering berkeringat di telapak tangan dan kaki, kalau waktu tidur juga sering berkeringat, kira – kira apa penyebabnya ya ? mohon penjelasannya bu. thanks.



  38. farida Says:

    @mom andriani: seperti yg dialami bayi Anda wajar saja seperti bayi lain pada umumnya. itu disebabkan oleh metabolisme tubuh bayi yg sangat tinggi utk tumbuh kembang.
    selama tidak ada tanda2 lain, tidak perlu terlalu kawatir ya :)



  39. Masitoh Says:

    Mksh info nya,,,,,,
    sy jd lbh tenang setelah baca artikel ini,,,,



  40. mustahidi, S.Pd.I Says:

    terimakasih infonya ……………
    atas artikelnya, saya jd tenang sekarang



  41. lina Says:

    thanks infonya



  42. asmani Says:

    anak sya usianya 6 bulan,ia slalu mengeluarkan keringat pada mlam hari atau siang hari terutama jika udara panas semula sya sangat khawatir takut ini penyakit tapi setelah membaca artikel ini sya merasa lega dan sangat membantu, trims ya..



  43. Dila Says:

    Tq bgt.. Anak saya (6bln) jg sering keringat dingin..assten rt bilang dia kena sampu (sejenis pnyakit bayi d daerah sumbar) obatnya disuruh k org pintar.tp sy gak yakin,toh dy tetap aktif n ga rewel. Pas surfing d internet n bc ulasan diatas saya jd lega.. Thx bgt ya..



  44. Novi Indria Says:

    Anak saya baru berumur 20 hari, kepala bagian belakang sering mengeluarkan keringan agak lengket dan berbau anyir atau tidak sedap dan kulit kepalanya merah namun tidak ada yang luka. Apakah ini cuma biang keringat atau ada penyakit lainnya? Terima kasih



  45. farida Says:

    @mom novi: wah saya tidak berani berkomentar bu. sebaiknya dibawa saja ke dokter anak. semoga tidak ada yg serius ya :)



  46. alfath Says:

    terimakasih banyakkkkkkkkk……..mudah-mudah seperti itu, anak saya 2 bulan seringmengeluarkan keringat dijidat sampai keringat itu banyak sekali. khawatir sangat.



  47. Erik Pramana Says:

    Mohon bantuannya, saya punya bayi umur 3 bulan pada badannya ada bintik-bintik merah, apakah itu normal?Thanks



  48. farida Says:

    @pak erik: utk mengetahui bahaya tidaknya lebih baik langsung konsultasi dokter saja untuk dilihat seperti apa bintiknya. selama tidak disertai gejala lain, sepertinya tidak ada yg perlu dikawatirkan ya :)



  49. myulia Says:

    anak saya perempuan umur 5 bulan,selalu berkeringat lebih di bagian kepala.apakah ada dampaknya apabila keringat di bagian kepala tidak dilap (dikeringkan dengan handuk/kain)?mungkinkah kepala berkeringat menjadi kering karena tertiup angin/AC menyebabkan anak mnjadi sakit flu,pilek,batuk…



  50. farida Says:

    @myulia: jika keringat tidak dilap, kemungkinan efeknya jadi tidak nyaman mom, bisa jadi biang keringat juga. kalau hubungannya dengan flu saya tidak tahu.
    maaf tidak banyak membantu :)



  51. Dewi Says:

    Ank sya 6 bln usiax,,kakix sring berkeringat dan basah..apa penyebabx ya..



  52. farida Says:

    hai bu dewi, jika tidak ada tanda lain maka tidak perlu kawatir ya. kemungkinan itu karena metabolisme tubuh bayi yg memang sangat aktif. dibuat nyaman saja kulitnya. misalnya selalu dilap jika kakinya mulai berkeringat :)



  53. wata Says:

    waduh baca artikel diatas sedikit lega,,,anaku 11 bln,dr umur 0 dia udah pake sufor,dia berkeringat sangat banyak,walaupun suhu badanya 35,5o ttap berkeringat,kaki tangan badan dingin/anyep tp ttap berkeringat,dia jarang rewel/nangis kecuali dia merasa sakit bru menangis(di injeksi)…apakah anaku normal ya,klw malem kami tak pernah pake AC,siangpun jarang2 kecuali panas bgt.



  54. farida Says:

    @wata : semoga si kecil baik2 saja ya :-)



  55. putri Says:

    Anakq usia 2 th, kalau tidur malam selalu berkeringat. BB sedikit kurang, tapi tdk ada keluhan sakit. Anaknya sangat aktif. Apakah hal tsb terjadi krn penyakit jantung? Apa ciri2 anak yg sakit jantung?



  56. farida Says:

    tidak mudah menyatakan anak sakit jantung. ada baiknya langsung dikonsultasikan ke dokter. semoga tidak ada yg serius ya :)



  57. RISKI Says:

    Bunda bntu sy dong,ank sy usianya 40 hr,skit btuk pilek sy smpe mngis sm kndisi bayi sy,yg sy tnyakan brbahayakah jika kluar keringat tp badannya dingin??tlong jwabnnya bun…..



  58. farida Says:

    @riski: sepertinya utk kasus keringat dingin perlu dikonsultasikan ke dokter anak bu. semoga tidak ada yg serius ya :)



  59. riska Says:

    dok anak saya berumur 7bln sekarang” sering ngeluarin keringat dingin d bagian kepala saja,apa itu terjadi secara alamiah atau ada penyebab lain?apalagi ketika d kasih susu..



  60. RISKI Says:

    Bun utk bayi saya normal atau tidak,suhu tubuh anak sy 35,8 C,batuknya sdah agak jarang tp kadang kluar keringat tetapi badannya dingin,ap itu yg di namakan keringat dingin??berbahayakah??



  61. farida Says:

    @riska: pertama, saya bukan dokter :-) Utk kepala yg berkeringat saat minum susu sepertinya masih wajar selama tidak disertai gejala lain. Itu menunjukkan metabolism tubuh bayi yg sangat tinggi :-)
    @riski: Mungkin keringat dinginnya itu krn kecapean melawan virus atau lapar? Coba tambahi asupannya bun terutama cairan utk menjaga suhu tubuhnya. Semoga segera pulih ya :-)



  62. RISKI Says:

    ok trima kasih atas pencerahannya bun saya jd agak tenang sekarang….



  63. Maria Says:

    Mau tanya bunda, anak q umur 22 bln, kemarin habis panas karena batuk pilek, sampai skrg udh rada mendingan setelah minum obat, tp sering berkeringat banyak di kepala, terus lehernya tidak begitu panas(anget) itu kenapa y bun….???



  64. ANA Says:

    mau tnya??? anak saya umur 4 bln,,akhr2 ini ank sya selalu keluar kringt dan hanya di kepala saja. makin lama makin ke sini keluar keringt bnyak sekali,, saya sngt mencemaskan ap ada sesuatu pnyakit d tubuh anak saya,,,, ud 2bln ini di timbang berat badan naik cuma 1/2,,semenjak keluar keringt ank sya susah minum susu,setelah saya ksih vitamin baru nafsu minum susu,, ap berbaya keluar keringt seperti ini,,???



  65. mutia Says:

    bun,anakku umur 6 bln dri lahir dy itu sering keringetan terutama di kepala…tapi nafsu makan,minum susu dan tidurnya sich gak terganggu….apakah normal?karena keringatnya di bagian kepala bisa sampai basah kuyup meski udah pake ac



  66. farida Says:

    @all: keringat Di kepala pd bayi itu wajar sekali mengingat metabolisme bayi memang sangat tinggi. Selama tidak disertai gejala lain maka tidak ada yg perlu dikawatirkan :-)



  67. ika sartika Says:

    bun,anak sya usia jln 1thun,tp kakinya keringetan terus,slain itu dingin pula.gimana klo gtu?mksdnya krna dsertai dingin…sya khwattir..



  68. farida Says:

    @ika sartika: memang telapak tangan dan kaki adalah bagian tubuh yang paling mudah dingin. jika tidak disertai tanda2 lain, sebaiknya tetap tenang. untuk memastikannya bisa dikonsultasikan ke dokter. semoga tidak ada yg serius ya :)



  69. eka Says:

    Saya mw tanya dok…knp kalo makan anak saya selalu berkeringat….anak saya umur 13 bulan dok…..berbahayakah…?



  70. farida Says:

    @eka: saya bukan dokter. Setahu saya keringat pada anak tidak perlu terlalu dikawatirkan jika tidak disertai gejala2 lain. Itu hanya efek dari tingkat metabolisme anak yg memang sangat tinggi



  71. bunda wila Says:

    Maaf bun saya mau tanya..anak saya dileher kiri dan kanan ada benjolan sebesar kacang kedelai.tapi saat anak saya sakit benjolan itu akan keluar dan saat sembuh tidak kelihatan lag..anak saya umur 3thn berat bdnya 11kg makan banyak,anaknya aktif,kalau didur walau cuaca ditempat saya cukup dingin kepala anak saya kringetsn terus..apa benjolan dileher,trus kenapa berat bdn anak saya susah naiknya,trus kenapa keringetan dikepala saja dibadanya tidak saat tidur..itu ygg menjadi pertanyaan saya bun..trimakasih mohon jawabanya..



  72. farida Says:

    @bunda wilda: soal benjolan itu sepertinya mekanisme tubuh saja yg berusaha melawan penyakit. Keringatchanya di kepala kemungkinan besar karena memang metabolisme dan aktivitas otak pd anak yg sangat tinggi, jd sepertinya tidak perlu kawatir. Sedang mengenai berat badannya bisa bbrp faktor. Entah genetik, asupan makanan atau yg lain. Masalah berat badan bisa dikonsultasikan lbh lanjut ke dokter ya bun karena banyak hal yg harus dianalisis. Semoga si kecil selalu sehat :-)



  73. danti ulya aningtias Says:

    anak saya berusia 4 bulan sering keluar keringat pada telapak kaki dan tangan dan terasa dingin, tapi saat cuaca dingin normal- saja, dan anak saya masih tetap aktif. kira-kira ada masalah gak ya



  74. farida Says:

    @danti: selama tidak disertai gejala2 lain maka tidak ada yg perlu dikawatirkan mom :)



  75. priana Says:

    Apa penyebab bayi sering keringat dingin? Tolog sharing bun…!



  76. Priana Sianturi Says:

    Bun.. Knapa bayi saya sering keringat dingin ya? Udah tu kaki en tangannya dingin,kmudian bibirnya jg biru tp bayi saya Aktiv dan msh ASI eksklusif. Usianya 63 hari. Tolg sharing Bun..! Tq..



  77. farida Says:

    jika bibirnya sudah biru sebaiknya konsul ke dokter aja ya.
    semoga ga ada masalah serius :)



  78. PRIANA Says:

    Mksh buat sarannya yah.. :)
    Oia bun,, sharing lg.. anak saya yg pertama kna gejala typus n batuk. Tp typusnya dah sembuh 2 hr yg lalu. Skrag batuk,pileknya yg gk sembuh2.. Pdahal dah dibwa brobat k dokter. Kasian badannya dah kurus x.. Usianya dah 3 thun. Ada tips gk bun tuk mengatasinya? Mksh



Leave a Reply